8 Januari 2017

LDK Syahid Lakukan Aksi Bersih-Bersih Masjid

Masjid Al-Jamiah, Student Center UIN Jakarta – Sebanyak 40 orang mahasiswa UIN Syarif Hidayatullah Jakarta melakukan Aksi Bersih-Bersih Masjid pada hari Sabtu, 7 Januari 2017. Gerakan tersebut diinisiasi oleh anggota Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Lembaga Dakwah Kampus (LDK Syahid) yang juga diikuti oleh teman-teman UKM lain seperti Kopma dan Pramuka serta yang lainnya. Mereka bergotong royong membersihkan Masjid Al-Jamiah Student Center UIN Jakarta. 

Foto Publikasi Aksi Bersih-Bersih Masjid


Diungkapkan oleh Mus’ab Izzudin selaku Ketua LDK Syahid, bahwa mereka melakukan kegiatan ini berangkat dari kepedulian masing-masing individu terhadap kurangnya kondisi kebersihan Masjid Al-Jamiah dan sekitarnya. Apalagi, masjid adalah pusat kegiatan yang peru dijaga kebersihannya. “Tujuannya agar timbul kepedulian, khususnya mahasiswa UIN Jakarta untuk ikut memakmurkan masjid Allah dan turut mengambil andil dalam menjaga kebersihan. Karena kebersihan adalah cerminan dari keimanan,” papar Mus’ab. 

Bagian yang dibersihkan dalam kegiatan ialah seluruh karpet masjid dengan vacuum cleaner. Kemudian mengambil sampah-sampah yang tertimbun di dalam dan di tangga masjid, juga merapihkan rak Al-Qur’an yang berantrakan dan kotor. Selain itu mereka juga menyikat toilet dan tempat wudhu, membersihkan sarang laba-laba dan kotoran burung dan menyikat tangga masjid. “Serta untuk akhwat mencuci mukena-mukena yang ada di masjid,” ungkapnya. 

Mus’ab, yang juga sebagai mahasiswa Fakultas Sains dan Teknologi ini memaparkan bahwa, insyaallah kegiatan membersihkan masjid ini akan menjadi rutinitas agar menimbulkan kesadaran, khususnya bagi seluruh mahasiswa UIN Jakarta terhadap pentingnya memakmurkan dan menjaga kebersihan masjid. “Rasulullah SAW pun bersabda, ‘Barang siapa yang mengambil kotoran dari Rumah Allah (Masjid), maka Allah akan membangun baginya rumah di Surga’. (HR Ibnu Majah),” jelas peraih Student Achievement Awards 2016 berkat hafalan Al-Qurannya yang sudah mencapai 30 Juz ini.