18 Desember 2016

Generasi Baru Pejuang Dakwah Wujudkan Pemimpin Amanah

Parung, Bogor – Setelah melakukan agenda Dialog Kandidat dalam agenda Pra-Muskomda FAH pada 11 Desember 2016, Komisariat Dakwah Fakultas Adab dan Humaniora (Komda FAH) telah berhasil menyelenggarakan Musyawarah Komisariat Dakwah FAH (Muskomda FAH) pada tanggal 16-17 Desember 2016 di Villa Duta Nusantara, Parung, Bogor. 

Musyawarah Komda FAH 2016




Muskomda FAH diawali pada sore hari dengan sharing bersama Ketua Forum Alumni Komda FAH, Bagja Nugraha, yang menyampaikan tentang orang-orang yang menjalankan amanah. “Sekecil apapun suatu pekerjaan jika dilakukan dengan hati terpaksa diiringi keluh kesah, niscaya akan terasa berat bak menanggung beban sebesar gunung. Sebaliknya, seberat apapun suatu pekerjaan jika dilakukan dengan penuh keikhlasan, kegembiraan dan harapan, niscaya akan terasa ringan dan menyenangkan.” 

Selain itu Bagja Nugraha juga menyitir ayat yang menyatakan bahwa menjalankan amanah merupakan ciri-ciri orang beriman, serta akan mendapat balasan Surga Firdaus. “Allah berfirman dalam surat Al-Mukminun ayat 8,’Dan orang-orang yang memelihara amanah-amanah (yang dipikulnya) dan janjinya.’. Kemudian selanjutnya Allah menerangkan bahwa mereka akan mendapat Surga Firdaus, ‘Mereka itulah orang-orang yang akan mewarisi, yakni yang akan mewarisi jannah Firdaus. Mereka kekal di dalamnya. [Al Mukminuun: 10-11]'”, paparnya. 

Setelah sesi sharing, peserta Muskomda FAH melaksanakan shalat berjamaah serta membaca dzikir dan tilawah. Setelah shalat Isya dan makan malam, Muskomda FAH dilanjutkan dengan agenda Sidang Pendahuluan yang dipimpin oleh Presidium Sidang Sementara, yaitu Nabil Asad Al-Quds, Sapta dan Syifa Fauziyyah. Sidang Pendahuluan diakhiri sektiar pukul 22.30 WIB, kemudian peserta mendapatkan kesempatan untuk beristirahat. 

Sidang Pleno dimulai keesokan harinya (17/12) pada pukul 8.30 WIB setelah sempat mengalami penundaan selama 1 jam. Pada sidang yang dipimpin oleh Miko Heratnomo, Dawud Bachtiar dan Jamalul Mukminin inilah, pengurus Komda FAH 2016 menyampaikan Laporang Pertanggungjawaban (LPJ) mereka. Alhamdulillah, peserta Muskomda FAH menyatakan bahwa LPJ mereka Diterima. 

Selanjutnya dilakukan Sidang Komisi pada sore hari dengan agenda pembahasan masing-masing komisi; Komisi A membahas AD/ART dan GBHK; Komisi B membahas Struktur Kepengurusan dan Deskripsi Kerja; dan Komisi C membahas Amanah Muskomad dan Rekomendasi Program Kerja. Ada hal yang menarik di sini, yaitu Bagja Nugraha yang juga sebagai Ketua Forum Alumni Komda FAH telah menjadi anggota Komisi C selama 4 tahun terakhir dalam Muskomda FAH. 

Agenda terakhir yaitu Sidang Paripurna dilaksanakan pada malam hari. Setelah Presidium Sidang memimpin pemilihan Dewan Formatur, Sidang Paripurna dipimpin oleh Ferizco Khusyufi Setiawan, Syakhril Nur Arifin, Bagja Nugraha, Cahayatun Nisa dan Kartika Puspita Sari. Kelima orang tersebut yang menjadi Dewan Formatur serta menetapkan Ketua dan Kaput Komda Terpilih; dan juga membantu Ketua dan Kaput Terpilih menyusun Struktur Kepengurusan Komda FAH 2017. 

Alhamdulillah, setelah bermusyawarah, terpilihlah Candra Maya dan Sita Rosidah sebagai Ketua Umum dan Ketua Keputrian Komda FAH 2017. Semoga Allah menguatkan pundak dan langkah keduanya serta teman-temannya dalam menjalankan amanah sebagai pengurus Komda FAH 2017. “Semoga kita bisa istiqamah,” ujar Candra dalam sambutannya.