3 Desember 2016

Indah Putri Lestari dan Rumah Tanpa Asap Rokok

Kali ini,saya ingin menceritakan kisah Indah Putri Lestari yang menginisiasi gerakan Rumah Tanpa Asap Rokok di Kampung Kejaren. 

Indah, begitu ia biasa dipanggil, adalah mahasiswa UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Ia berkuliah di Jurusan Bahasa dan Satra Arab, Fakultas Adab dan Humaniora. 

Rumah Tanpa Asap Rokok Kampung Kejaren



Walau berbeda dengan bidang studi yang dipelajarinya, ia pun sangat peduli dengan kesehatan. Memanfaatkan program Kuliah Kerja Nyata di bulan Agustus 2016 lalu, ia mengajak saya untuk membantunya menginisiasi gerakan Rumah Tanpa Asap Rokok. 

Perjuangan panjang dilakukan olehnya. Diawali dengan Penyuluhan Bahaya Rokok dan Narkoba bagi anak-anak remaja di tempat KKN, kemudian berlanjut dengan hari-hari diskusi bersama perangkat desa dan berbagai elemen masyarakat. Semua dilakukan guna tercapainya kesepakatan bersama untuk berkomitmen dalam gerakan Rumah Tanpa Asap Rokok di Kampung Kejaren. 

Hingga akhirnya, pada tanggal 23 Agustus 2016, gerakan Rumah Tanpa Asap Rokok diresmikan oleh Ketua RW 3 Kelurahan Jelupang, Kampung Kejaren, H. Riun Suganda. 

Masyarakat pun ikut memberikan tanda komitmennya dalam bentuk tanda tangan di spanduk yang sudah disediakan. Kemudian spanduk tersebur dipasang di pos ronda yang bisa dibilang sebagai pusat keramaian di Kampung Kejaren. Dengan ini, masyarakat bisa saling mengingatkan secara kontinyu komitmennya terhadap gerakan Rumah Tanpa Asap Rokok. 

Selain spanduk tersebut, Indah dan teman-temannya pun membagikan dan memasang stiker "Rumah Tanpa Asap Rokok" di rumah-rumah warga. 

Bagi saya, Indah Putri Lestari dan teman-temannya berhasil mengetuk pintu hati masyarakat agar sadar akan hak-hak mereka untuk mendapat derajat kesehatan yang optimal. Salah satunya adalah tidak adanya yang merokok di dalam rumah. Sehingga keluarga, terutama anak-anak, bisa terlindung dari asap rokok. 

Ini juga adalah salah satu bentuk dukungan kepada Pemerintah Kota Tangerang Selatan yang beberapa waktu sebelumnya sudah mensahkan Peraturan Daerah Kawasan Tanpa Rokok. 

Mari bersama-sama kita lakukan perubahan positif bagi Indonesia, dimulai dari lingkungan sekitar kita. Semoga Allah meridhai langkah yang kita lakukan.