8 Oktober 2015

Balada Kopaja 2015

Assalamualaikum :D Salam sejahtera bagi kita semua :)
Gimana kabar teman-teman? Semoga selalu berada dalam lindungan Allah swt ya ;)

Bulan Maret 2015 lalu, aku dan teman-temanku mengikuti agenda BALADA KOPAJA 2015 :D BALADA KOPAJA adalah singkatan dari Balapan dan Adu Konsentrasi Pelajar dan Pemuda Jakarta. Hahaha ~ 

TIM SYAHID BALADA KOPAJA 2015 MUSEUM GAJAH/NASIONAL

 Event ini adalah perlombaan ala “The Amazing Race” gitu. Diselenggarakan oleh Ikatan Abang None Jakarta Pusat. Anak SMU dan Mahasiswa diundang untuk menjelajahi kota Jakarta sambil memecahkan teka-teki untuk dapetin petunjuk-petunjuk yang diperlukan.


Satu tim berisi 5 orang. Tim aku bernama “TIM SYAHID” yang beranggotakan: Bagja Nugraha (aku), Nur Fatimah, Husein Haikal Pratama, Rizulmi, dan Imroatus Syaripah. Setiap tim juga diberi kaka Pembina. Pembina kami adalah Kak Gita dari Univ. Indonesia. Kenapa nama kita Tim SYAHID? Semata-mata karena kami berasal dari UIN Syarif Hidayatullah Jakarta atau biasa disebut UIN SYAHID. Hehehe.

TIM SYAHID BALADA KOPAJA 2015 BALAIKOTA JAKARTA PUSAT

 Salah satu syarat ikut event ini adalah kita bikin video yang mempromosikan salah satu tempat wisata di Jakarta. Saksikan video 15 detik Tim SYAHID disini: https://instagram.com/p/0ccK1cl6LU/

Ada 10 tempat yang jadi pos. Kita mulai dari (1) Balai Kota, (2) Museum Taman Prasasti, (3) Gelora Bung Karno, (4) Galeri Indonesia Kaya, (5) Monumen Nasional, (6) Museum Nasional, (7) Pasar Baroe, (8) Jalan Surabaya, (9) Taman Suropati, dan kembali ke (10) Museum Nasional (Finish).

Ada bermacam tantangan di tiap kuisnya. Kalo yang (1) sih kita Apel bersama Walikota Jakarta Pusat. Lalu di (2) kita mencari makam Soe Hoek Gie dan pendiri STOVIA. Di (3) kita nari tradisional Betawi sambil ngajak pengungjung yang berada di sana. Di (4) kita menjelajahi Indonesia dengan teknologi yang luar biasa. (5) kita memahami sejarah yang ditampilkan di diorama. (6) kita nyari guci-guci dan arca-arca. (7) kita nyari jajanan tradisional Jakarta. (8) kita bikin video yang promosiin jalan ini. Video promosinya bisa dilihat di: https://instagram.com/p/0xM-jgl6A-/ (9) kita main apa ya.. gak jelas sih.. Cuma dianggep sebagai pos terakhir. Tapi tetep aja ngumpulnya di Museum Nasional. Haha. Kita disini akhirnya ngamen supaya dapet duit buat ongkos. Namun, walaupun dapet duit buat ongkos, akhirnya kita tetep nyari tebengan dari mobil yang lewat buat ke (10). Hahaha

TIM SYAHID BALADA KOPAJA 2015 MUSEUM TAMAN PRASASTI

 Seru banget deh ikutan BALADA KOPAJA. Hal yang penting banget adalah gimana kita bisa kerjasama sebagai tim. Bahwa kita harus bersatu supaya bisa efektif dalam memecahkan teka-teki. Saling bantu. Saling dukung.

Kenapa kerjasama tim yang rapih itu penting? Karena kalo kita kerja acak-acakan, tetep aja jatohnya kayak kita kerja sendiri-sendiri. Allah swt pun dalam surat Ash-Shaf berfirman, bahwa Allah mencintai orang-orang yang berjuang di jalan-Nya dengan formasi yang rapih, seperti bangunan yang kokoh. (QS. 61 : 4)

Kerjasama dan kekompakan itu perlu untuk dibangun. Perlu dilatih, supaya semakin baik. Buat temen-temen yang ikut organisasi, hal ini juga penting. Supaya organisasinya bisa berjalan dengan baik.

Terutama buat kita-kita yang senang untuk mengajak kebaikan. Sebisa mungkin, jangan sendirian. Gabung dengan komunitas atau kelompok yang punya visi mulia seperti yang kita miliki. Misalnya kalo dalam lingkup keislaman di kampus, ada namanya Lembaga Dakwah Kampus. Nah kita-kita yang punya semangat ‘amar makruf nahi munkar’ seyogyanya bergabung dengan lembaga semacam ini supaya kita bisa bergerak sama-sama, saling membantu dalam menyiarkan kebaikan; seperti bangunan yang kokoh.

 
TIM SYAHID BALADA KOPAJA 2015 TAMAM SUROPATI

Ada sebuah pepatah yang berbunyi, “Kebaikan yang tidak terorganisir akan kalah oleh kejahatan yang terorganisir”. Tentu kita ingin menjadi pemenang dalam berbuat baik bukan? Yuk kita bekerjasama :D #KitaAdalahSaudara