21 September 2014

Kesan Pesan Kegiatan Kuliah Kerja Nyata Bersama Kelompok MENTARI



KESAN – PESAN KEGIATAN KULIAH KERJA NYATA (KKN)
UIN SYARIF HIDAYATULLAH JAKARTA TAHUN 2014
KELOMPOK 082. MENTARI



Assalamualaikum Wr. Wb.

Alhamdulillah, segala puji bagi Allah SWT, yang dengan rahmat-Nya teman-teman dapat melaksanakan kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) dengan baik dan lancar. Shalawat serta salam kita haturkan kepada Nabi Muhammad SAW, yang berkat dakwah beliaulah, kita mengenal Islam. Dengan mengenal Islam, kita masuk Universitas Islam Negeri dan pada akhirnya kita dapat bertemu dalam kegiatan KKN.

Kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) yang diadakan oleh UIN Syarif Hidayatullah Jakarta bagi mahasiswa pada tahun 2014 ini sangat luar biasa. Saya mendapatkan berbagai pengalaman yang menakjubkan dan benar-benar baru.


Kelompok saya bernama MENTARI. Merupakan akronim dari frasa “Menuju Tatanan Masyarakat Mandiri”. Kelompok MENTARI bertugas melaksanakan KKN di Desa Buaran Bambu, Kecamatan Pakuhaji, Kabupaten Tangerang.

Waktu pelaksanaan KKN berkisar selama 32 hari. Terhitung dari tanggal 7 Agustus hingga 7 September 2014. Dalam waktu sesingkat itu, mahasiswa ditantang untuk secara intens melakukan pemberdayaan di desa tempat KKN-nya masing-masing.

Saya dan teman-teman saya menyusun berbagai program yang dirasa mampu membawa berbagai kebermanfaatan bagi desa Buaran Bambu. Seperti Les Gratis, Pelatihan Dasar Komputer, Pelatihan Kewirausahaan, Cek Kesehatan, Training Motivasi, dan berbagai kegiatan keseharian lainnya.

Selain melaksanakan program-program yang disusun dalam rangka memenuhi prasyarat yang diberikan oleh pihak kampus dalam pelaksanaan kegiatan KKN, kami juga dituntut untuk dapat bersosialisasi dengan masyarakat setempat. Kami mengikuti berbagai kegiatan yang diadakan oleh masyarakat guna merekatkan hubungan emosional kami dengan mereka. Maka, kamipun ikut berkecimpung dalam kegiatan-kegiatan non-formal seperti Tahlilan, Perayaan 17-an, Pengajian, dan lain sebagainya.

KKN luar biasa. Saya benar-benar mendapat pelajaran yang berharga minimal dalam 3 aspek. Program Kerja KKN, Bermasyarakat, dan Persahabatan.

Saya mendapat pengalaman dan pelajaran, bagaimanakah untuk melaksanakan ataupun mengadakan sebuah program atau acara. Bagaimana cara untuk mengonsep sebuah agenda dengan baik. Hal ini sangat penting bagi saya karena saya ikut aktif dalam Unit Kegiatan Mahasiswa di Kampus. Maka saya sangat bersyukur, kegiatan KKN ini dapat meningkatakan pemahaman saya dalam hal tersebut.

Saya juga belajar untuk bermasyarakat. Karakter masyarakat di desa sangat berbeda dengan karakter masyarakat kota. Di Desa Buaran bambu khususnya, banyak aspek kehidupan yang benar-benar diikuti oleh berbagai lapisan masyarakat. Saya mendapati bagaimana perhatiannya masyarakat kepada kami. Maka saya pun belajar bagiamana untuk bisa melibatkan diri dalam keseharian masyarakat dan benar-benar belajar menjadi makhluk sosial. Bahwa manusia tidak dapat hidup sendiri, namun saling membutuhkan kepada manusia lainnya.

Hal yang penting juga selama KKN dan memberikan kesan yang mendalam bagi saya adalah Persahabatan. Dalam KKN, selama satu bulan kita tinggal bersama teman-teman sekelompok. Dalam kelompok MENTARI terdapat 15 orang dari 6 Fakultas berbeda. Orang-orang ini tidak semuanya saling mengenal satu sama lain pada awalnya. Namun berkat kegiatan KKN, kita dapat saling bersilaturahim, belajar memahami karakter teman-teman kita, dan belajar untuk bersikap baik dengan teman.

Terkadang, muncul masalah antar personal KKN. Dalam hal ini, kita dituntut untuk tidak hanya menyalahkan keadaan atau menyalahkan orang lain, seakan mencari kambing hitam atas permasalahan yang terjadi. Dalam KKN, kita dituntut untuk mampu menginstropeksi diri kita sendiri, mengakui kesalahan dan kekurangan diri kita sendiri, serta belajar untuk menjadi pribadi yang lebih baik lagi di masa mendatang.

Pada akhirnya, saya pribadi sangat bersyukur dengan pelaksanaan kegiatan KKN yang telah dijalani. Banyak hikmah yang dapat dipetik dan direnungi. Kita pun mempunyai saudara-saudara baru yang semakin menambah warna dalam hidup kita. Banyak senyum yang mengusir rasa lelah dan penat kita. Banyak rasa yang semakin menambah semangat kita. Banyak pelajaran yang menjadikan kita lebih dewasa.

Semoga apa yang kita lakukan selama KKN benar-benar membawa kebermanfaatan yang penuh berkah dalam pemberdayaan desa. Semoga persahabatan antar anggota KKN tidak hanya sebatas saat KKN saja, namun terus berlanjut bahkan hingga ke Surga-Nya kelak. Amin. 


Promotional Video KKN MENTARI: