18 Agustus 2013

LDK Komda FAH CERIA



Assalamu’alaikum wr. wb.  

 
Buka Puasa Bersama LDK Komda FAH
Apa kabar teman-teman semua? Semoga selalu sehat dan berada dalam lindungan Allah SWT ya :D Pada tulisan ini, aku sedikit banyak mau membahas tentang salah satu organisasi yang ada di Fakultas Adab dan Humaniora, UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Namanya, LDK Komda FAH; kepanjanganya adalah Lembaga Dakwah Kampus Komisariat Dakwah Fakultas Adab dan Humaniora. LDK Komda FAH ini adalah perwakilan dari UKM LDK Syahid yang menaungi Fakultas Adab dan Humaniora.


Mungkin enaknya, diperkenalkan dulu kali ya sekilas, apa sih LDK Komda FAH itu? Btw, untuk bagian ini aku ambil dari apa yang tertera di websitenya, komdafah.com ya :) 


PERSONEL LDK KOMDA FAH


LDK Syahid adalah sebuah Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) khusus yang menjadi Lembaga Dakwah Kampus di UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Dibentuk oleh para Aktivis Dakwah Kampus pada 28 Mei 1996. Selain menjadi UKM yang berdiri sendiri, LDK Syahid juga mempunyaa perwakilan pada setiap fakultas-fakultas di UIN Syarif Hidayatullah Jakarta berupa Komisariat Dakwah (Komda) yang saat ini ada sebanyak 10 Komda untuk 11 Fakultas. 

LDK Komda FAH adalah bagian dari Keluarga Besar LDK Syahid UIN Syarif Hidayatullah Jakarta yang merupakan perwakilan dari LDK Syahid di tingkat Fakultas sebagai hasil dari akselerasi dan perluasan organisasi dakwah kampus. Didirikan tahun 2001 dengan tujuan agar terbentuknya kader-kader dakwah siap guna dengan kompetensi yang sesuai dengan bidang dan skill masing-masing. 

Kegiatan LDK Komda FAH terbagi dalam dua divisi utama, yaitu Divisi Syiar dan Divisi Pengembangan Sumber Daya Manusia 

Nah itu tadi sekilas tentang LDK Komda FAH. Nah kali ini, aku mau ngebahas slogan mereka yaitu “Komda FAH CERIA”. Apa sih CERIA-nya itu? Penasaran? Lanjut bacanya ya :3 



Sesuai dengan apa yang tertera pada bio akun Twitter mereka, @KomdaFAH, CERIA adalah singkatan untuk “Cerdas, Bersahabat, Islami dan Aktif.” Nah aku pengen nyoba memaknai satu persatu dari keempat elemen yang tersebut itu. 

CERDAS. Elemen pertama dari CERIA adalah cerdas. Hmm. Aku pikir ini berkesusaian dengan peran kita sebagai mahasiswa di UIN Syarif Hidayatullah Jakarta ini, yaitu agar menjadi insan yang cerdas. UIN mempunyai slogan “Knowledge, Piety, Integrity” bukan? Maka kata “cerdas” ini berkesusaian dengan “knowledge”. Tentunya kita harus cerdas. Cerdas menurutku tidak hanya sebatas “pintar”, atau ketika ditanya maka bisa ngejawab. Cerdas adalah bagaimana kita memanfaatkan kepintaran yang ada untuk menjalani hidup ini. Kecerdasan menurutku sangat penting karena hal itu berpengaruh kepada apa-apa keputusan kita dalam hidup dan bagaimana kita hidup. Jadi, LDK Komda FAH mengajak kita untuk CERDAS dalam menentukan pilihan-pilihan dalam hidup ini, CERDAS dalam memanfaatkan kesempatan, dan lain sebagainya. 

BERSAHABAT. Sahabat adalah teman bukan? Menurut salah satu tokoh-anime-yang-aku-lupa-namanya, “Sahabat (Teman) adalah orang yang penting bagi kita. Dia tidak harus selalu berada di sisimu setiap saat, tapi dia tidak akan pernah menjadi ‘orang asing’ ketika kalian terpisah”. Dengan elemen Sahabat ini, LDK Komda FAH berusaha untuk menjadi sahabat bagi seluruh civitas akademika UIN, khususnya di Fakultas Adab dan Humaniora. Bahkan dari sekedar sahabat menjadi saudara. 

ISLAMI. Hal ini tentu berkesusaian dengan citra UIN sebagai Universitas Islam. Dalam melakukan sesuatu, kita diharapkan untuk tidak melupakan nilai-nilai Islam yang ada. Kita selalu ditampilkan nilai-nilai islami dalam suatu kegiatan, yang mungkin tadinya kita pikir itu bukanlah hal yang islami. Sesuai dengan semboyan “Islam itu luas”, LDK Komda FAH mengajak kita untuk sadar bahwa nilai-nilai Islam tidak hanya sebatas muncul di lingkungan masjd, tapi juga di masyarakat luas. 

AKTIF. Aktif adalah lawan kata dari pasif. Aktif berarti bergerak. Dengan kecerdasan yang kita punya, nilai persahabatan yang dibawa dan nilai-nilai islami yang diusung, kita harus aktif menyebar-luaskan hal-hal kebaikan yang ada kepada masyarakat luas. Apabila kita tidak aktif maka tentu akan menjadi perbuatan yang sia-sia. Kita tidak diharapkan untuk menjadi penonton perubahan, tapi kita berharap untuk turut serta berperan aktif dalam perubahan. Kita tentu tau bukan, kalo kita menginginkan kemajuan ke arah yang lebih baik bagi diri kita, lingkungan, bahkan bangsa dan negara, kita harus ikut serta berperan aktif di dalamnya. Apabila kita hanya berdiam diri, maka mungkin tidak ada yang terjadi. Bila kita tidak berperan aktif, mungkin hal-hal inovasi dan perubahan yang ada, tidak akan berpengaruh pada diri kita. 

Nah, setelah sedikit berbicara mengenai LDK Komda FAH, yuk kita berusaha untuk menerapkan nilai-nilai ke-CERIA-an ini dan menjadi bagian darinya. Semoga dengan hal itu dapat menjadi salah satu hal yang membawa kita pada kesuksesan di dunia dan akhirat. Salam CERIA~!

--------------------------------------------------

COME and JOIN US~! More about LDK Komda FAH:
Facebook Fanpage: LDK Komda FAH
Twitter Account: @KomdaFAH
Official Site: komdafah.com