19 April 2012

Belajar Menghargai Karya


Salam Sejahtera.! Salam Pemuda.! Salam Olahraga.!

Curcol dikit sebelon masuk tulisan ah~ Alhamdulillah nih, mumpung masih di rumah, gue sempetin dulu ngupdate blog.. Setelah kemaren mosting, hari ini *karena udah ganti hari* mosting lagi ;) postingan sekarang ini merupakan hasil pemikiran random pas gue naik kereta tentang hubungan saling menghargai, dan beli CD original *LOL* sebelumnya pernah gue jadiin kultum sebelum rapat pas di organisasi, baru gue tulis aja nih, cekidot deh =D


Kita mungkin udah tau kan, kalo sesama orang harus saling menghargai. Kalo lagi ada yang berbicara di depan kelas misalnya -entah presentasi atau apa- tentu kita seyogyanya dapat memeperhatikan apa yang disampaikan *teguran bagi diri juga nih*. Atau ketika sudah melakukan sesuatu namun merasa diabaikan, mungkin terpikir, ‘ih gak ngehargain banget sih’.

Nah, yang terpikir oleh gue, kalo kita ingin dihargai, tentu harus menghargai yang lain dulu bukan? *kalo ada yang jawab ukan diem aja :p*. Salah satu yang jadi pikiran gue adalah pembelian CD original.

Gue sendiri gak menafikkan kalo gue suka download-download. Yang paling sering adalah lagu tentunya. Atau juga misalnya ngeinstall Microsoft Office make crack-an *plakk*. Namun setelah berjalannya waktu dan bertambahnya pemikiran-pemikiran. Jadi kepikiran gimana kalo kita berusaha sedikit-sedikit untuk menghargai yang namanya copyright?

Nah, gue itu, baru berani ngajak orang kalo gue udah ngelakuin hal yang gue omongin. Yang gue omongin adalah tentang beli CD original artis yang musiknya kita demenin. Gue gak nyuruh lo buat ‘jangan pernah download’ lagi, gue hanya mengajak alangkah baiknya kalo kita juga membeli CD ori dari artis tersebut. Gue juga masih banyak lagu-lagu yang asal download. Tapi alhamdulillahnya, atas rezeki dari Allah, gue berhasil beli beberapa CD ori.

Pasti terpikir, ‘Ah kan mahal beli CD ori’. Ya gue tau kalo CD ori bisa mahal. Bahkan inceran sekarang aja, sampai saat tulisan ini gue buat, ada 2 CD, yang kalo ditotalin harganya bisa nyampe setengah jutaan. Nah, masalah membutuhkan solusi bukan? Ada banyak cara bagaimana kita bisa punya CD ori. Dan gue mau share cara-cara yang bisa ditawarkan ke kalian

Pertama tentunya menabung. Ya, simple banget kan? Nabung aja. Dengan harga rata-rata CD ori dari artis luar negeri saat ini, gue yakin lo bisa beli dalam waktu 2-3 bulan nabung –dengan asumsi rata-rata. Sekarang juga gue lag proses nabung istilahnya, biar bisa beli-beli lagi. Gue malah ampe bikin, kira-kira bisa beli CD ini bulan apa, CD itu bulan apa. Hehehe. Soalnya gue seringnnya mampirin toko musik kalo maen ke mall, buat update harga-harga Cdnya :D

Kedua, cara yang agak susah –kalo kata gue, memotong anggaran lain. Ni rada susah sih, walau kadanga gue seringnya make cara ini. Misal kita sepekan dapet jatah 100 ribu *anggep aja gitu* kalo mau blei CD seharga 85 ribu gak pake nabung, tentu kita memotong jatah pekanan kita jadi tinggal 15 ribu. Cara ini mungkin dipake kalo lo siap nanggung konsekuensinya aja. Misalnya, kan tadi tinggal 15 ribu, kalo pengen makan, mungkin lo bisa minta ditraktir, atau “puasa” selang-seling selama sepekan :D

Cara ketiga yang paling asyik menurut gue: minta dibeliin. Gue pernah sekali soalnya make cara ini, dan itu adalah CD ori pertama gue. Hehehe. Ceritanya terjadi saat kelas XII SMA, gue sama Amuzt main ke Botani Square. Seperti yang gue bilang, maen ke tokok musik. Disana ternyata udah ada CD album terbaru tante Avril *plakk* secara gitu kan suka lagu-lagunya, minta dibeliin deh *kurang ajar* *plakk* dan alhamdulillahnya si Amuzt mau beliiin *yeeeyyy* \(^o^)/. Dapet deh CD pertama gue. Dan karena itulah gue termotivasi buat mengusahakan beli CD original.

Nah itulah sedikit pemikiran random gue, yang gue harepin, kita bisa mendapat inspirasi lebih dari hal ini. Bukan hanya kita dapat menghargai artis, tapi berlanjut ke kehidupan sehari-hari kita J Nah saran juga nih, kalo emang mau donlot, minimal jangan terang-terangan bilang ke orang yaa, kan lo bisa googling atau nanya ke orang yang ‘kayaknya tau link donlot’ secara langsung, jangan ditunjukin banget kalo kita pengen donlot. hehehe. 

Oke deh, sebagai bukti biar gak terkesan asal ngomong, berikut foto-foto koleksi gue untuk mengakhiri tulisan ini *maap-maap kalo rada burem, maklum kamera hp* ;)












Peace, Love, and Gaul.!