23 Maret 2012

Pentingnya Belajar Bahasa Arab


            Salam Sejahtera \(^o^)/
 
Kawan, dalam berkehidupan sehari-hari kita pasti berkomunikasi. Sejalan dengan kodrat manusia sebagai makhluk sosial. Komunikasi berarti terjadi sebuah interaksi antara 2 pihak. Komunikasi menyebabkan tersampaikannya sebuah informasi. Komunikasi adalah berbicara dengan aturan tertentu; bahasa.
     
          Bahasa, Kawan. Semacam kode yang mempersatukan suatu kelompok individu dalam berkehidupan. Pemersatu yang terpecah. Alat untuk berkomunikasi. Terdiri atas berbagai aturan yang melingkupinya. Dari sebuah kesepakatan antar pemakainya.
   
       Bahasa terdiri atas bermacam bentuk, Kawan. Secara teknis terbagi menjadi dua, verbal dan non-verbal. Verbal berarti komunikasi terjalin dengan suara, ucapan, kata-kata. Non-verbal berarti kebalikannya. Secara tulisan atau gerak.

            Banyak ragam bahasa, Kawan. Bahasa percakapan seperti yang kita gunakan untuk berbicara atau menulis. Bahasa pemrograman yang digunakan dalam bidang teknologi komputerisasi. Bahasa kode yang sering digunakan dalam unrusan intelijen.

           Salah satu bahasa yang digunakan dalam berkehidupan ialah bahasa Arab. Banyak orang yang hanya mengetahuinya sebagai bahasa itu sendiri. Seperti contoh, bahasa orang-orang Arab atau penduduk Timur Tengah. Sejatinya banyak hal yang menjadikan bahasa Arab itu harus kita pelajari.

Bahasa Arab adalah bahasa Al-Quran. Kita sebagai umat muslim mempunyai sebuah kitab yang diturunkan kepada utusan Tuhan, Muhammad, yang dinamakan Al-Quran. Al-Quran sendiri juga mempunyai bermacam julukan. Al-Quran menggunakan bahasa Arab. Tulisannya menggunakan huruf Hijaiyah. Kita tentunya harus bisa membacanya. Maka haruslah kita belajar bahasa Arab.

Shalat sebagai ibadah yang wajib kita lakukan, berbahasa Arab. Tidak akan sah shalat kita apabila tidak menggunakan bahasa Arab. Haji pun demikian. Ibadah yang jelas-jelas dilakukan di Makkah pun berbahasa Arab. Dan surga. Menurut riwayat, penghuni surga itu nanti berbahasa Arab. Maka haruslah kita tergerak mempeajarinya.

Ada suatu riwayat pula. Umar bin Khattab pernah berkata: “Pelajarilah bahasa Arab. Sesungguhnya itu sebagian dari agamamu.” Ini pula yang menjadi motivasi kita sebagai umat muslim untuk belajar bahasa Arab. Secara umum pula bahasa Arab telah menjadi 1 dari 5 bahasa internasional yang digunaka oleh PBB. Maka di era globalisasi ini bahasa Arab telah menjadi salah satu indikator untuk dapat bersaing di kancah dunia.

Yuk, sama – sama belajar bahasa Arab :D